Bab III lanjutan

Diposting oleh chikal on Minggu, 26 Juli 2009

Makalah Keenam

Dari Abdullah bin Mas’ud ra. Berkata ”Manusia dirugikan karena kenikmatan dan sering difitnah dengan pujian dan sering tertipu dengan ditutupinya aib oleh Allah.”


Keterangan:
a. Manusia rugi lahir batin jika tidak mensyukuri nikmat, bahkan nikmat yang telah ada bisa lenyap karena tidak mensyukuri nikmat yang baru.
b. Kadang-kadang orang memuji utuk menjatuhkan.
c. Jangan terlena dan jangan pernah mempunyai anggapan bahwa jika berbuat dosa Allah tidak menurunkan malapetaka di dunia. Sadarilah bahwa pahala dan dosa diberikan Alah di akhirat.

Makalah Ketujuh

Nabi Daud As. bersabda telah diwahyukan di dalam kitab Zabur bahwa hak orang berakal hendaklah tidak menyibukkan diri kecuali dalam tiga hal:
a. Sediakanlah (amal shaleh) untuk kehidupan akhirat.
b. Sediakanlah perbekalan untuk kehidupan di dunia.
c. Carilah kenikmatan dengan cara yang halal.

Makalah Kedelapan

Dari Abu Hurairoh ra. (Abdur Rahman bin Shawin) Abu Hurairoh berarti bapaknya kucing karena beliau sangat menyayangi anak kucing bahkan kadang di lengan jubahnya terdapat beberapa anak kucing.
Abu Hurairoh ra. mengatakan Nabi SAW. bersabda Ada tiga hal yang dapat meyelamatkan (dari siksa), tiga hal yang merusak diri sendiri, tiga hal yang dapat menjadi sebab memperoleh derajat tinggi (di akhirat) dan tiga hal yang dapat menghapus dosa.

Tiga hal yang dapat menyelamatkan manusia dari siksa Allah adalah
a. Takut kepada Allah Ta’ala secara rahasia maupun secara terang-terangan.
b. Sederhana dalam kehidupan dunia baik di saat faqir maupun di saat kaya.
c. Adil antara ridha dan marah.

Keterangan:
Adil antara senang dan marah maksudnya adalah senang, suka, ridha, cinta hendaklah karena Allah, marah pun karena mencari keridhaan Allah.

Tiga hal yang dapat merusak diri sendiri:
a. Sangat kikir
b. Mengikuti kehendak nafsu
c. Memandang dirinya dngen pandangan yang sempurna tanpa memandang akan kenikmatan Allah.

Tiga hal yang dapat menjadi sebab mendapatkan kedudukan tinggi di akhirat:
a. Membudayakan ucapan salam
b. Memberikan makan pada tamu dan orang yang lapar.
c. Shalat tahajjud di tengah malam saat orang-orang tidur nyenyak.

Adapun tiga hal yang dapat menghapus dosa:
a. Menyempurnakan wudhu disaat udara sangat dingin.
b. Melangkahkan kaki untuk shalat berjamaah
c. Menunggu shalat sesudah melaksanakan shalat.

Keterangan :
Menunggu shalat sesudah melaksanakan shalat adalahmenunggu shalat berjamaah sesudah melakukan shalat dengan melakukan kebaikan, bukannya sekarang seringnya kita hanya tahu bahwa waktu shalat itu sudah masuk tapi kita hanya sibuk dengan pekerjaan kita sendiri tanpa memperdulikan kewajiban kita terhadap Allah.

Makalah Kesembilan

Jibril as. Berkata kepada Nabi Muhammad SAW. “Wahai Muhammad hiduplah sekehendakmu maka sesungguhnya kamu akan mati, dan cintailah orang yang kamu kehendaki maka sesungguhnya kamu akan meninggalkannya, dan beramallah sekehendakmu maka sesungguhnya kamu akan mendapat balasan.”

Makalah Kesepuluh

Nabi SAW. telah bersabda “ tiga golongan manusia yang akan diberi keteduhan oleh Allah di bawah teduhnya Arsy Allah di hari (kiamat) saat tidak ada tempat berteduh kecuali teduhnya Arsy yaitu:
a. Orang yang berwudhu di saat udara yang sangat dingin.
b. Orang yang berjalan ke masjid (untuk shalat) di saat gelap.
c. Orang yang suka memberi makan orang yang lapar.

Keterangan:
Kerjakanlah shalat dan sempurnakanlah wudhu walaupun banyak halangan dan rintangan, serta shalatlah dengan berjamaah sekalipun dalam keadaan gelap dan tolonglah orang yang lemah.

Makalah Kesebelas

Nabi Ibrahin AS. pernah ditanya “wahai Ibrahim apa yang membuat Allah menjadikanmu sebagai kekasihNya? Nabi Ibrahim AS. menjawab “Karena tiga perkara
a. Saya suka memilih perintah Allah di atas perintah selain Allah.
b. Saya tidak pernah merisukan sesuatu yang telah ditanggung oleh Allah.
c. Saya tidak suka makan sore dan makan malam kecuali bersama tamu.

Makalah Kedua Belas

Sebagian ulama ahli hikmah mengatakan ada tiga hal yang dapat menghilangkan kesusahan, yaitu:
a. Zikir kepada Allah
b. Menemui para wali Allah.
c. Mendengarkan nasihat para ahli hikmah (ulama).

Keterangan:
banyak sekali macam-macam zikir kepada Allah diantaranya adalah kita membaca tasbih (Subhanallah) tahmid (Alhamdulillah) tahlil (Laa ilaaha illallaah) takbir (Allahu akbar) dan membaca laahaula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil ‘aziim.
Atau dengan cara munajat seperti:
Wahai Zat yang memberi pertolongan kepada setiap orang yang mengeluh dan berseru kepadaNya.
Wahai Zat yang mengabulkan terhadap orang yang mendapatkan kesulitan lalu berdo’a kepadaNya.
Wahai Zat yang sangat ramah terhadap orang yang bersalah dan berdo’a kepadaNya.
WahaiZat yang memberi kecukupan kepada orang yang memilih keridhaan Allah di atas karuniNya, aku memohon kapadaMu untuk mendapatkan sesuatu yang sulit dengan pertolonganMu.
Dan aku memohon kepadaMu untuk menolak apa yan aku tak mampu menolaknya kecuali dengan kekuasaanMu. Aku memohon kepadaMu kebaikan yang banyak yang di dalamnya terdapat kesehatan dan aku memohon kesehatan yang di dalamnya terdapat kebaikan yang banyak, dengan limpahan rahmatMu wahai Zat yang Maha Pengasih diantara yang mengasihi."

Makalah Ketiga Belas

Hasan Al Bashry ra. (salah seorang pemuka golongan tabi’in) berkata "Orang yang tidak memiliki sopan santun berarti ia tidak berilmu. Orang yang tidak sabar berarti ia tidak menghayati agamanya. Orang yang tidak memiliki sifat wara’ (tidak suka terhadap barang yang haram, makruh dan subhat) berarti tidak memiliki derajat."

Keterangan: Sabar itu ada 4 macam:
a. Sabar dalam menghadapi musibah
b. Sabar menghadapi kesulitan
c. Sabar dalam menjalani taat
d. Sabar dalam meninggalkan maksiat

Makalah Keempat Belas

Telah diriwayatkan bahwa seorang laki-laki dari kalangan Bani Israil pergi untuk mencari ilmu. kebetulan berita itu sampai kepada Nabi mereka. Maka Nabi itu berkata kepada lelaki tersebut sebagai berikut “Wahai pemuda sesungguhnya aku akan menasehati kamu dengan tiga hal yan di dalamnya terdapat ilmu orang-orang terdahulu dan orang-orang yang akan datangkemudian yaitu:
a. Takutlah kamu kepada Allah kapan dan dimana saja.
b. Jaga lisanmu dari manusia, janganlah kamu berkata kepada mereka kecuali mengajak kepada kebaikan.
c. Lihatlah roti yang kamu makan, janganlah kamu makan kecuali kamu peroleh dari jalan yang halal.
kemudian pemuda itu tidak menjadi pergi ketempat lain untuk mencari ilmu.

Makalah Kelima Belas

Diriwatkan bahwa seseorang dari kaum Bani Israil telah mengumpulkan 80 peti ilmu, akan tetapi dia tidak manfaat dari ilmunya itu. Lalu Allah memberi wahyu kepada NabiNya agar dia mengatakan kepada laki-laki yang telah mengumpulkan kitab-kitabitu sebagai berikut “Apabila engkau mengumpulkan ilmu yang banyak niscaya ilmu itu akan memberi manfaat kepadamu apabila engkau mengerjakan 3 hal:
a. Jangan mencintai duniawi, karena dunia itu bukan tempatnya orang mukmin.
b. Jangan berteman dengan setan, karena setan bukan sahabat orang mukmin.
c. Jangan menyiksa seseorang, karena menyakiti bukan pekerjan orang mukmin.

Keterangan: Yang dimaksud dunia itu bukan tempatnya orang mukmin adalah bahwasanya dunia bukanlah tempat menerima balasan bagi orang mukmin, karena tempat menerima balasan adalah akhirat. Adapun jika kita mendapat keuntungan sesudah beribadah itu hanyalah hikmah, sedangkan jika mendapat kecelakaan itu adalah peringatan.
Sedangkan menemani setan itu maksudnya adalah kita menjalani rayuan setan untuk tidak melaksanakan perintah Allah.



lanjutannya tunggu lagi ya..!!!


20 komentar:

nenek gerandong mengatakan...

gw kapling duluan da ah :p

kawanlama95 mengatakan...

Syukron , atas ilmunya. ini buat referensi. seolah-olah lagi taklim neeh. Assalamualaikum

nenek gerandong mengatakan...

anjrit kaga jd keduaxxx gw...

nenek gerandong mengatakan...

ngepasinn nii cuy biar 'lemes'...

nenek gerandong mengatakan...

eee... malah kelupaan nanya gw.... kqkqkqkqkkqkqkq... dmn lu?!?!

nenek gerandong mengatakan...

klimaxxx gw barusaann... hohohohohooo...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

mampir lagi.

itempoeti mengatakan...

dilanjut lagiiii...
duduk manis menunggu lanjutannya...

chikal mengatakan...

@nenek gerandong bodo ah nel..
@kawanlama95 makasiih semoga bermanfaat ya..
@sang cerpenis bercerita silahkan minum bu...
@itempoeti pasti minggu depan..

buwel mengatakan...

woooow nashoikhul ibad yang mantab dan hebat....

chrysanti mengatakan...

asyik.. asyik.. dapet pencerahan lagi..

quinie mengatakan...

hohoho...senangnya pada pembahasan kali ini ada tentang makanan :D

chikal mengatakan...

@buwel subhanallah ya om penulisnya..
@chrysanti seneng yaa..!!!
@quinie tuh makanya klo mo wisata kuliner ajak2 biar berkah hehehheeee

dwina mengatakan...

postingannya bermanfaat banget mas.. tak save ah buat nambah ilmu

Aisha mengatakan...

lha, saya cinta dunia dan akhirat ni pak , gemana dong.

yanuar catur rastafara mengatakan...

moga sukses dech skripsinya
amiennn

MATA HATI mengatakan...

ku setuju & bener bgt.. kadang memuji untuk menjatuhkan..

yeee prasan eventku sering ajak2 bt rame2 deh..

chikal mengatakan...

@dwina alhamdulillaah... klo gtu
@aisha ya smua kan mesti imbang bu..
@yanuar catur rastafara siapa yang lgi skripsi??
@mata hati bukannya setuja? klo perlu ajak kerja deh bu..

ROSMANA APOLLA PUTERA mengatakan...

subhanallah...

mazdeby mengatakan...

Salam Manis