BAB III

Diposting oleh chikal on Kamis, 16 Juli 2009

Lima puluh makalah berdasarkan hadits nabi dan perkataan sahabat masing-masing mengandung tiga butir nasihat.

Makalah pertama
- Diriwayatkan dari Nabi SAW. sesungguhnya beliau bersabda "Siapa yang bangun di pagi hari lalu mengadukan kesulitan hidupnya kepada orang lain maka seolah-olah ia mengadukan Tuhannya (tidak rela akan takdirNya).


keterangan: Syikayah = meratap atau menceritakan nasib yang jelek dengan hati yang tidak rela akan pemberian Tuhan. Kita tidak boleh syikayah melainkan kepada Allah. Syikayah kepada Allah termasuk berdo'a sedangkan syikayah kepada manusia berarti tidak ridho akan pemberian Allah. Sebagaimana hadits yang diterima oleh Abdullah bin Mas'ud, Nabi bersabda sebagai berikut:
"Apakah aku tidak perlu mengajarkan pada kalian kalimat/do'a yang diucapkan oleh Musa As. ketika melewti lautan bersama bani israil? jawab kami (sahabat) Tentu saja ya Rosulullah, lalu Nabi bersabda bacalah "ya Allah segala puji bagiMu. Kepada Engkaulah aku mengadu,dan hanya Engkau yang bisa memberi pertolongan. Tiada daya dan upaya serta tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung"

Al A'masy berkata setelah aku mendengar do'a itu dari saudara kandungku yaitu Al Asady Alkufy yang menerima do'a itu dari Abdullah ra. maka aku tidak pernah meninggalkan do'a itu. Al A'masy berkata 'telah datang kepadaku seseorang dalam mimpi dia berkata wahai Sulaiman tambahkanlah do'a tersebut dengan kalibat ini "Dan kami mohon pertolongan kepadaMu di dalam kesukaran yang ada pada kami dan kami mohon kebaikan dalam semua urusan kami."

- Dan siapa yang bangun di pagi hari dalam keadan sedih karena urusan duniawi maka di pagi itu dia telah membenci Allah.

- Dan siapa yang merendahkan diri (bertekuk lutut) terhadap orang kaya karena kekayaannya maka lenyaplah 2/3 agamanya.

keterangan: tidak boleh mengagungkan manusia karena hartanya sebab sesungguhnya orang yang memuliakan harta akan menghinakan ilmu dan kemashlahatan. Manusia dianjurkan menghormati sesamanya karena:
Ilmunya
Umurnya
Keislamannya di dalam batas=batas kemanusiaan

Syekh Abdul Qadir Al Jaelani telah berkata "Setiap mukmin harus senantiasa berada dalam 3 keadaan yaitu:
Melaksanakan perintah Allah
Menjauhi larangan Allah
Ridho akan Qadha dan Qadar

Makalah kedua
Abu BAkar Ash Shiddiq ra. mengatakan bahwa ada tiga perkara tidak dapat dicapai dengan tiga perkara yaitu:
a. Kekayaan tidak akan dapat diperoleh dengan mimpi
b. Keremajaan tidak akan dapat diperoleh dengan disemir
c. Kesehatan tidak akan dapat diperoleh dengan obat semata

Makalah ketiga
Umar ra. berkata:
a. Mencintai manusia yang baik sebagian dari akal
b. Pertanyaan yang baik adalah sebagian dari ilmu
c. Pemikiran yang baik adalah sebagian dari kehidupan

Makalah keempat
Usman ra. berkata:
a. Siapa yang meninggalkan urusan dunia maka dicintai Allah
b. Siapa yang meninggalkan dosa maka dicintai malaikat
c. Siapa yang melepaskan diri dari sifat tamak akan dicintai seluruh umat muslim

Makalah kelima
Ali ra. berkata:
a. Sesungguhnya sebagian nikmat dunia yang memberi kecukupan adalah nikmat Islam
b. Sesungguhnya sebagian kesibukan yang cukup bagimu adalah taat
c. Sesungguhnya sebagian nasihat yang memberi kecukupan bagimu adalah maut

Keterangan: sesungguhnya nikmat Allah yang paling besar bagi manusia adalah Allah menciptakan manusia dari tidak ada menjadi ada dan membebaskan manusia dari kekufuran (yang diibaratkan dengan kegelapan) kepada Islam (yang diibaratkan dengan terangnya cahaya).






tungguin lagi ya makalah yang berikutnya................

18 komentar:

Ahmad mengatakan...

Aduh Pa Ust. pembahasannya tinggi banget si, ga ad lbh sederhana lg...!
Belum sanggup ngejalaninya nih, gmn dong...???

Sakurata mengatakan...

Terimakasih atas pencerahannya pak Ustad.

Salam

AISHALIFE-LINE mengatakan...

Nice post bro

mocca_chi mengatakan...

ngg.. saya bingung mau komeng apa, kr saya ga nyambung sama bahasanna, karena perbedaan keyakinan
tapi saya percaya, setiap agama mengajarkan hal yg baik ^ ^

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

byk bgt makalahnya kyk lagi kuliah.

Susy Ella mengatakan...

waahh ini berapa sks yaa hehehh
pencerahan euy

Quinie mengatakan...

tuh kan bener kata gua, bersyukur ajah..kaga usah pake ngeluh :p

anindyarahadi mengatakan...

alhamdulillah ya Allah saya masih bisa napas dan idup hehehe ngga nyambung ya?

easy mengatakan...

thanks bro..
udah saling mencerahkan

chrysanti mengatakan...

huhuh.. baru baca makalah pertama aja ud tersentak.. :(

ROSMANA APOLLA PUTERA mengatakan...

Subhanallah...

deya mengatakan...

wow... lo pinter bg sh

Si Gembala mengatakan...

Nasihat yang bijak....yang jelas gampang mengeluh juga melemahkan semangat.....

chikal mengatakan...

@ahmad ga mencoba ga bakal tau klo kita bia apa ga?
@sakurata sama2 om..
@aishalife-line makasiih
@mocca_chi setujuu..
@sangcerpenis iya niih..
@sussy ella cuma 3 sks ko buu... :)
@quinie betuuullllll
@anindyarahadi hahahahaaa
@easy sama2 bu
@chrysanti masa sssiiiiiihhh???
@rosmana alhamdulillah
@si gembala siip

genial mengatakan...

masuk jam berapa kita besok? ada kelas gag sii lo?!?!? jam ke2 iia?!?!?

Neng Rara mengatakan...

assalamualaikum,
meski terlambat beberapa hari beruntung banget bisa dtang nih mas.
subtsansi yang menarik,lanjutan yang lebih oke dan mencerahkan. mudah-mudahan sy "tidak mengadukan kesulitan hidup di pagi hari" .
wassalam

genial mengatakan...

mana orang nya nii??!?!? trs gmn gw ngasih oleh-oleh dari waduk kedung ombo nii??!?!? di ambil kang ahh :p

chikal mengatakan...

@neng rara wa'alaikumussalam ya makasiih neng..
dah dateng berkunjung..
@genial waduuh mulai dah lu,, mo bikin puyeng lagi ya??