BAB II

Diposting oleh chikal on Selasa, 16 Juni 2009

Maaf buat para sohib-sohib yang dah nunggu-nunggu bab kedua ya,, ya maklum namanya juga masih belajar euy... jadi harap maklum ya??

Bab ini memuat 30 nasihat yang terdiri atas 4 Khabar/hadits dan sisanya (26) merupakan atsar. yang di maksud dengan khabar ialah ucapan Nabi sedangkan atsar adalah perkataan sahabat dan tabi'in.



makalah pertama

Dua perkara tidak ada yang lebih utama dari keduanya yaitu : Iman kepada Allah dan memberi manfaat kepada orang lain (baik dengan ucapan, harta, kekuasaan, atau dengan tenaga)

Barang siapa bangun pagi hari dan tidak bermaksud menzhalimi seseorang maka dia diampuni dosanya. dan barang siapa bangun pagi hari bermaksud menolong orang yang teraniaya serta memenuhi keperluan orang lain maka ia mendapatkan pahala seperti pahala haji mabrur.

Manusia yang paling dicintai Allah Ta'ala adalah manusia yang paling bermanfa'at bagi manusia lain. Dan seutama-utama amal ialah menyenangkan hati orang lain dengan cara menghilangkan kelaparan, kesusahan, atau melunasi hutangnya.

Dua perkara yang paling kotor dan lebih keji adalah menyekutukan Allah dan memberi kemudharatan bagi orang lain (kaum muslimin).

Makalah kedua

Nabi Muhammad telah bersabda, "hendaklah kalian duduk bersama ulama dan mendengarkan perkataan mereka yang bijaksana, karena sesungguhnya Allah menghidupkan hati yang mati dengan cahaya hikmah sebagaimana Allah menghidupkan bumi dengan hujan."

Dalam hadits riwayat imam Thabrani dari Abu Hanifah, " Bergabunglah dengan para Kubara (pembesar-pembesar)dan bertanyalah pada ulama dan pergaulilah para hukama."

Dan dalam suatu riwayat "Duduklah bersama ulama, pergauli para hukama dan campurilah para kubara.

keterangan.
a. Ulama yang sangat ahli di dalam hukum-hukum Allah yaitu ulama penasihat yang disebut Ash-habul Fatwa
b. Hukama yaitu ulama yang sangat ma'rifat kapada Allah
kedua golongan ini menitikberatkan kepada upaya perbaikan tingkah laku atau akhlak, sebab hati mereka selalu melihat dengan ma'rifat terhadap Allah dan selalu selalu terbuka dengan cahaya keagungan Allah.
c. kubara yaitu ulama-ulama besar. Sesungguhnya mencampuri ahli Allah dapat menghasilkan situasi terpuji. Lirikannya lebih memberi manfaat daripada ucapannya, barang siapa lirikannya memberi manfaat padamu maka bermanfaatlah ucapannya, dan barang siapa yang lirikannya tidak memberi manfaat maka ucapannya pun tidak memberi manfaat. Dalam cerita Imam Suhrawardi mengelilingi masjid khaif di mina, ia berjabat tangan dengan banyak orang dan mereka bertanya padanya, lalu beliau menjawab, "sesungguhnya Allah mempunyai beberapa hamba yang apabila mereka melihat kepada seseorang, mereka mengusahakan agar orang yang dilihatnya bahagia, maka aku sedang mencarinya."

Nabi SAW telah bersabda "akan datang suatu masa kepada umatku dimana mereka lari dari (ajaran) ulama dan fuqaha, maka Allah akan menurunkan bala (musibah) kepada mereka dengan 3 macam musibah yaitu 1. Allah menghilangkan berkah pada usahanya. 2. Allah menjadikan penguasa (pemimpin) yang zhalim buat mereka. 3. Allah mengeluarkan mereka dari dunia (mati) tanpa iman.

selebihnya ya tunggu lagi ya......

27 komentar:

suryaden mengatakan...

semoga kita bisa terhindar dari hal-hal buruk... menunggu selanjutnya... :D

chrysanti mengatakan...

mantaabbs.. akhirnya diulas jugaa.. :)

genial semesta alam mengatakan...

menurut lo... gw termasuk yg hukama atawa yg khubaro cong?

itempoeti mengatakan...

duduk manis sabar menanti... :)

Raini Munti mengatakan...

alo pria ganteng yg jomlo :) kalo mo komen bhs indo jg gpp

Neng Rara mengatakan...

ass.
menarik, sy menunggu episode selanjutnya
wassalam

dinoe mengatakan...

assalam mualaikum wr.wb...artikel yang sangat berbobot..makasih atas pencerahannya..dan..ditunggu artikel selanjutnya

♥ sOFIa ♥ mengatakan...

lam kenal jg yach.
maaf ga bs komentar yg pnjang skrg
lg sibuk mulu nich. mana net na error lagi.
tar kapan2 gw kunjung balik dech.

:)

buwel mengatakan...

benar2 nashoikhul 'ibad...

bunga raya mengatakan...

salam kenal aja mas.....blog yang inspiratif neh

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kereeenn

Aishalife-line mengatakan...

Postingan bermanfaat bro..Allah memberkahimu.

attayaya mengatakan...

terimakasih atas pencerahannya
ditunggu kelanjutannnya

chikal mengatakan...

makasih ya dah pada setia tuk nunggu, tenang aja ko tuk setiap kelanjutannya setiap minggu ya paling ga setiap selasa lah, hehehee anggap aja ini postingan mingguan saya.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

nasihat yg sangat berguna.

buwel mengatakan...

lanjutkan....

gue mengatakan...

sumbangsih time... ditunggu alakadar baliknya... secepatnya!!!

(inget masuk ke salah satu postingan dulu baru dehh...)

gue lagih mengatakan...

senggol gag nii???

dwina mengatakan...

Assalamualaikum
terima kasih buat info hadisnya
manfaat banget buat diriku yang masih cupu ini
Wassalam

genial mengatakan...

ada award tuk anda silahkan di ambil :) terimakasih kunjungannya :)

genial mengatakan...

ada award tuk anda silahkan di ambil :) terimakasih kunjungannya :)

Quinie mengatakan...

duduk bersama2 ulama...
hm... ulama itu kadang konotasinya selalu yang udah tua gitu sih...
ada ga sih yang muda & keren? xixixi

chikal mengatakan...

@suryaden amiiin
@chrysanti iya niih
@attayaya makasih oom
@buwel apanya yang lanjut??
@dwina insyaAllah
@sangcerpenis Amiin..
@bunga Alhamdulillah
@sofia sama2..
@aishalife Amiiinn ya robbal alamiin
@genial siap diambil om...

bunga raya mengatakan...

kunjungan malam kawan

cempaka mengatakan...

jalan jalan malam kawan ronda kampung

abah mengatakan...

abah berkunjung neh menyapa sahabat

Anonim mengatakan...

........deya.........common....