Lanjutan

Diposting oleh chikal on Rabu, 24 Juni 2009

Makalah ketiga

Abu Bakar Shiddiq ra. berkata "Barangsiapa yang masuk kubur tanpa bekal seakan-akan dia mengarungi lautan tanpa kapal (perahu)."

Nabi SAW. bersabda "Keadaan mayat di dalam kunur tak ubahnya bagaikan orang tenggelam meminta tolong."


Makalah keempat

Dari Umar ra. "Sesungguhnya Nabi SAW. telah bersabda kepada malaikat Jibril as. sifatilah bagiku kebaikan-kebaikan Umar. lalu Jibril menjawab Apabila lautan jadi tinta dan pepohonan jadi pena maka aku tidak dapat menghitungnya. lalu nabi bersabda sifatilah aku kebaikan-kebaikan Abu Bakar, lalu Jibril menjawab Umar adalah salah satu kebaikan dari kebaikan-kebaikan Abu Bakar."

Kemuliaan dunia dengan harta sedangkan kemuliaan akhirat dengan amal shaleh.

Makalah kelima

Utsman ra. berkata "Kesedihan dalam urusan dunia menggelapkan hati dan kesedihan dalam urusan akhirat menerangi hati."

Makalah keenam

Dari Ali ra. berkata "Barang siapa sedang mencari ilmu maka sebenarnya dia sedang mencari surga. Dan barang siapa mencari kemaksiatan maka sebenarnya dia sedang mencari neraka.

keterangan : yang dimaksud ilmu tersebut adalah ilmu yang bermanfaat yang setiap orang baligh dan berakal wajib mengetahuinya.

Makalah ketujuh

Yahya bin Mu'adz berkata "Orang yag mulia tidak akan durhaka pada Allah sedangkan orang bijaksana tidak akan memilih dunia dan meninggalkan akhirat."

Makalah kedelapan

A'masy (Sulaiman bin Mihran Al Kufi) berkata "Barangsiapa yang memiliki modal takwa maka lisannya malas mengatakan bahwa dia telah beruntung dalam agama, dan barang siapa yang memiliki modal dunia dunia maka lisannya malas mengatakan bahwa dia rugi dalam agamanya."

Makalah kesembilan

Sufyan Ats Tsauri ra. berkata "Setiap maksiat yang timbul karena dorongan nafsu bisa diharapkan ampunannya dan setiap maksiat yang timbul karena sikap sombong tidak bisa diharapkan ampunannya, karena kedurhakaan iblis sumbernya dari sikap sombong, sedangkan kesalahan Nabi Adam As.kerena nafsu."

Makalah kesepuluh

Sebagian ulama zuhud berkata "Barangsiapa merasa senang berbuat dosa maka Allah akan memasukkannya ke neraka dalam keadaan menangis. Dan barang siapa menangis karena taat kepada Allah maka Allah akan memasukkannya ke surga dalam keadaan gembira."

Makalah kesebelas

Sebagian hukama berkata "jangan meremehkan dosa kecil karena dosa kecil itu akan bercabang dan menjadi dosa besar."

Makalah kedua belas

Nabi SAW. bersabda "Tidak ada dosa kecil jika dikerjakan secara terus-menerus, dan tidak ada dosa besar jika disertai dengan istighfar."

keterangan : Dosa kecil bisa menjadi besar jika dilakukan terus-menerus dan dosa besar bisa hilang dengan tobat.

Makalah ketiga belas

Tujuan orang yang arif adalah memuji Allah sedangkan tujuan orang yang zuhud adalah berdo'a. Sebab tujuan orang yang arif adalah keridhaan Tuhannya sementara tujuan orang zuhud adalah drinya sendiri.

Makalah keempat belas

Sebagian hukama bekata "Barabgsiapa menyangka bahwa ia mempunyai penolong yang lebih utama selain Allah, maka ia belum mengenal Allah dengan baik. DAn barangsiapa yang menyangka bahwa ia mempunyai musuh yang lebih gagah daripada nafsunya maka ia belum mengenal dirinya dengan baik."

bersambung yaaaa.....

28 komentar:

Quinie mengatakan...

pertamax!!!
*ini juga disuruh mampir :D*w

Quinie mengatakan...

hm... dosa kecil... dosa besar...
*lagi inget2 tentang dosa2 kecil*

duh...semoga sayah keburu bertobat.Amin

chikal mengatakan...

@quinie hehehehe akhirnya muncul jg nih manusia.. mang jmn aja bu?

MATA HATI mengatakan...

dosa oh dosa np ga pnh enyah dr muka bumi ya

dwina mengatakan...

Sufyan Ats Tsauri ra. berkata "Setiap maksiat yang timbul karena dorongan nafsu bisa diharapkan ampunannya dan setiap maksiat yang timbul karena sikap sombong tidak bisa diharapkan ampunannya, karena kedurhakaan iblis sumbernya dari sikap sombong, sedangkan kesalahan Nabi Adam As.kerena nafsu."

saya milih yang ini. baru tau kalo ada hadis yang seperti ini. duh cupu sekali ternyata diriku ya Alloh

chikal mengatakan...

@mata hati klo dosa enyah dr bumi mah namanya surga kali bu....
@dwina alhamdulillah bisa jadi pelajaran baru yaaa..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

mampir bentar. maaf baru sempet.

chikal mengatakan...

@sang cerpenis bercerita makaciih.. mang gi sibuk paan nih bu?

Neng Rara mengatakan...

assalamualaikum,
saya harus banyak belajar banyak,chikal. blog ini bener2 menginspirasi.
trims
wassalam

Cheexa mengatakan...

iia ngompreng ajj ma bahteranya Nuh.. susah amad?!?!?! mana celana?!?!??!

andrii mengatakan...

mrvlklx yg jaga sape?

Dinoe mengatakan...

Artikel Penuh pencerahan..dan sangat berguna..

attayaya mengatakan...

tercerahkanlah seluruh hari dengan membaca ini

Quinie mengatakan...

hohoho... saran gua diikutin.. bagosssss

chrysanti mengatakan...

hehehe.. tobat quin..tobat.. ;p

buwel mengatakan...

subhanalloh...

chikal mengatakan...

@cheexa klo yang bersangkutan ma bahtera Nuh tar ada ko di label soul.
@dinoe makasih om..
@Attayaya kirain karena cuacanya gi panas kali hehehe...
@Quinie gw tinggal tunggu traktirannya ya... :)
@chrysanti mang quinie napa?
@buwel ... nya harus di isi ga om? :)

suryaden mengatakan...

aku suka yang mencari ilmu berarti mencari surga, hmm super elegan quote...

romo a.k.a. iroel mengatakan...

surga ko di cari?!?!?!?

furniture indonesia mengatakan...

thanks ya buat pencerahannya

itempoeti mengatakan...

Makalah ke limabelas

Dari Hendri Kurniawan, berkata..., "....

genial mengatakan...

bang... nii award k2 yg gag lo ambil... ambil dah tuhh X(X(X(X(

pajang skali 2.. gpp X(X(X(X(X(

eTha mengatakan...

hiiii... om botakkkk...

bunga raya mengatakan...

malam sahabat apa kabar

eTha mengatakan...

ditegor kga ngebalesss :((

o' iy sekalian mo ngasih tau loh.. eTha akhirnya LULUUSSS!!!

bunga raya mengatakan...

ronda malam sahabat apa kabar

genial mengatakan...

jatah 'bendera' buat gw mana ?!??!

>:/ >:/ >:/ >:/ >:/

(cari kode di atas di YM anda!!!!!)

chikal mengatakan...

@suryaden makasih ya om..
@romo maksudnya cari jalan ke surga bos
@itempoeti apa ayo....?|????
@genial sip om..
@etha Alhamdulillaaaahh nerusin kmn nih?
@bunga raya alhamdulillah baik bu..