yang tertundaa..

Diposting oleh chikal on Sabtu, 08 Januari 2011

Makalah ke 26

Allah memberikan wahyu kepada sebagian Nabi sebagai berikut: "Barang siapa yang menemui Aku (dengan maut) sedang dia mencintai Aku, maka aku masukkan dia kedalam surgaKu. Dan barang siapa yang menemui Aku sementara dia takut kepada Aku maka Aku jauhkan dia dari api neraka. Dan barang siapa yang menemui Aku sementara dia merasa malu kepada Aku maka Aku lupakan malaikat hafazoh terhadap dosa-dosanya."


Makalah ke 27

Abdullah bin Mas'ud ra. berkata: Laksanakanlah apa yang telah diperintahkan Allah kepadamu agar kamu menjadi orang yang paling baik ibadahnya. Dan jauhilah apa yang dilarang Allah maka kamu akan menjadi orang yang sangat zuhud. Dan relakanlah hatimu dengan sesuatu yang selalu Allah bagikan untukmu, niscaya kamu menjadi orang yang paling kaya.

Makalah ke 28

DAri Shaleh AlMarkadi ra. dia melewati sebagian kampung kemudian dia berkata :Wahai kampung dimanakah penghunimu yang dahulu? dan dimanakah orang-orang yang meramaikanmu serta dimanakah pendudukmu yang terdahulu?
kemudian terdengarlah suara tanpa rupa "Telah hilang tanda-tanda mereka, jasad mereka telah hancur dibawah tanah, sementara amal mereka tetap membelenggu leher mereka."

Makalah ke 29

Ali ra. berkata : "Silahkan engkau berbuat baik kepada orang yang engkau kehendaki maka engkau menjadi rajanya. Dan memintalah kepada orang yang engkau kehendaki tentu engkau menjadi abdi (hamba)nya. dan cukupkanlah dengan apa yang ada padamu (tidak memintakeada orang yang engkau kehendaki) maka engkau jadi orang yang dipandang kaya seperti dia."

ket. Jangan suka meminta kepada selain Allah tapi berilah orang lain dengan sesuatau yang ada padamu. sebab Nabi bersabda "Barang siapa yang mencintai sesuatu maka ia jadi hambanya"
Sayyidina Ali ra berkata : "Aku (sanggup) menjadi hamba orang yang telah mengajarku walau satu hurup. Apabila ia menghendaki, ia menjualku dan apabila ia menghendaki ia memerdekakanku."

Makalah ke 30

Yahya bin Muadz ra. berkata "meninggalkan dunia seluruhnya berati mengambil akhirat seluruhnya. Barang siapa telah dapat meninggalkan dunia seluruhnya maka ia telah mengambil akhirat sebelumnya. Barang siapa yang mengambil dunia seluruhnya maka ia meninggalkan akhirat seluruhnya. mengambil akhirat berarti meninggalkan dunia, meninggalkan dunia berarti mengambil akhirat."

Ket.Dunia dan akhirat bagaikan dua istri yang dimadu. bila cinta dunia maka membenci akhirat, bila cinta akhirat berarti benci dunia. yag di maksud dunia disini ialah segala sesuatu yang tidakada hubungannya dengan akhirat.
"cinta akan akhirat merupakan sebab berpalingnya manusia dari dunia sedangkan benci akan dunia disebabkan mencintai akhirat."

10 komentar:

genial mengatakan...

Mohon maaf izin mengamankan pertamaxxx ajja dulu :p

tips beli rumah mengatakan...

salam kenal dulu yah,...
d awal kunjungan,...

genial mengatakan...

ketigaxxx

Penghuni 60 mengatakan...

semoga tidak ada lg yg tertunda, kalo bs dilakukan skrg,
lakukanlah!

salam

chikal mengatakan...

@genial nel akhirnya gw yang kelimaks juga.. hehehee
@tips beli rumah salam knl jugaaa...
@penghuni60 yoii bakal stiap minggu lagi ko.. ditunggu aja ya.. makasih buat kunjungannya..

Merliza mengatakan...

nasoihul ibad ya?? pak ustads dong berarti manggilnya?

Ust. Wiyono mengatakan...

kunjunga balik mas... numpang twiewww

chikal mengatakan...

@ merliza.. ga juga kalii buu...
@ust. wiyono makasiih tadz...

JengSri mengatakan...

kunjungan balik nih.mudah2an bisa komeng disini, abis ditempat blogger lain ada yg gak bisa dikomeng balik ^__^

chikal mengatakan...

tenang bu disini mah bisa... kan saia mo silaturahmi masa orang mo kong ga boleh?? hehehee