Tafakkur

Diposting oleh chikal on Jumat, 02 Oktober 2009

Tafakkur

Segala yang terjadi di muka bumi ini semua karena ulah manusia sendiri, ya itu yang selalu saya ingat ketika ada kejadian yang menimpa kita semua. Kejadin gempa sumatera yang memakan banyak korban membuat saya berfikir apa yang salah pada perbuatan kita?

Jika kita memandang hanya pada kejadian alam saja mungkin kita tidak akan pernah mau berpikir apa yang menjadi kesalahan kita sebagai makhluk yang telah dipercayai untuk menjadi khalifah di bumi.
Sekarang kita lihat saja secara teliti apa yang banyak hancur dalam peristiwa gempa selama ini? tidak lain adalah bangunan-bangunan yang kurang kokoh atau memang tidak diperhitungkan pada waktu pembangunannya untuk menghadapi gempa, yang membuat saya miris adalah hancurnya sekolah dimana tempat itu digunakan sebagai sarana menuntut ilmu yang bisa membentuk generasi2 baru yang lebih berguna untuk perkembangan agama, bangsa dan negara pada masa yang akan datang.
Bukan maksud mencari kesalahan dari pihak lain tapi memang hal ini tidak dapat di pungkiri lagi jika apapun bentuknya sekarang ini pasti berhubungan dengan uang, ya karena sudah jarang sekali saya pribadi menemukan pengajar yang ikhlas untuk mengamalkan ilmunya dan yang lebih adalah berapa banyak sekarang ini orang tua yang tidak mengeluh mengeluarkan biaya pendidikan anaknya, berapa jumlah para penerima amanat dari rakyat/pimpinan pusat yang menyampaikan amanat itu secara ikhlas??
Ya Allah maafkanlah kami yang selama ini selalu meremehkan sifatMu yang Maha Mengetahui..
Sahabat, mungkin kita jarang berpikir secara Qur'ani bahwa apapun yang kita lakukan selama ini pasti ada balasan dari Zat yang Maha.
Maafkan atas segala keangkuhan kami ya Allah.
Maafkan atas segala kebohongan kami ya Allah.
Maafkan atas segala kebodohan kami ya Allah.
Maafkan atas segala kedzoliman kami ya Allah.
Maafkan atas segala kesalahan kami ya Allah.
Terimalah amal baik saudara-saudara kami yang menjadi korban gempa selama ini...
Tempatilah mereka pada tempat yang baik di sisiMu ya Allah.. Amiin ya Robbal 'alamiin.

6 komentar:

Neng Rara mengatakan...

assalamualaikum,
semoga para korban gempa diberikan ketabahan. Dan semoga bencana yang sama tidak terjadi lagi.
wassalam

pelangi anak mengatakan...

Amin, amin, ya robal alamin...

Kita memang harus belajar dan memahami apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita, baik itu potensi positif maupun kemungkinan negatif, sehingga kita bisa memanfaatkannya secara bijak, juga bisa mengantisipasi dan mengatasi potensi negatif bila saatnya diujikan oleh Tuhan kepada kita. Sehingga kita bisa meminimalisir dampak buruk yang menimpa kita.

Kini, saatnya kita untuk membangun solidaritas, menggalang bantuan untuk meringankan saudara-saudara kita yang sedang mendapat ujian tersebut.

Berpijak dari rentetan bencana yang telah terjadi selama ini, tentunya kita semua, terutama pemerintah bisa mengambil pelajaran berharga, dan sudah seharusnya menyiapkan segalanya untuk menciptakan suatu early warning system dan scenario tanggap bencana, atau mekanisme penanggulangan bencana alam yang sistematis dan handal. Sehingga kita akan selalu 'being prepared' atas segala kemungkinan bencana yang sewaktu-waktu bisa diujikan Tuhan kepada kita, bukankan kita semua sudah tahu bahwa kita dianugerahi tanah yang subur sekaligus potensi bencana (ring of fire) yang besar. Kini tinggal bagaimana kita bisa mengurangi resiko atas dampak buruk yang mungkin terjadi di hari-hari mendatang.

Akhamdulillah, saya dan suami telah urunan dana, tidak besar memang' untuk dititipkan ke panitia di kantor suami untuk disumbangkan kepada team penanggulangan bencana Padang.

chikal mengatakan...

@neng rara Amiin ya Allah...
@pelangi anak Subhanallah...
lam knl ya bu...

Pasang Iklan Gratis mengatakan...

Memang benar, ini semua tidak lepas dari ulah manusia sendiri. entah itu dampak dari alam ataupun dampak dari perilaku kita yang dibenci oleh Allah SWT.
semua memang ada hukumannya/balasannya.
semoga musibah itu menjadi pelajaran bagi kita semua, dan semoga semua bisa mengambil hikmah dari musibahitu semua, karena setiap musibah pasti akan ada hikmahnya.
Iklan Baris

eTha mengatakan...

amiiinnnnn, aminnnnn... om botakkkk...

deya mengatakan...

iya dh...
amin..