akhir bab II

Diposting oleh chikal on Kamis, 09 Juli 2009

Makalah kedua puluh delapan

Abu Bakar Asy-Syibli ra. salah seorang pembesar ahli ma'rifat berkata : "Ya Allah sesungguhnya aku rela mencurahkan segala kebaikanku kepada-Mu dalam keadaan fakir dan lemah,maka bagaimana Engkau tidak suka mengampuniku sedangkan Engkau Maha kaya wahai Tuhanku."


Keterangan
Abu Bakar Asy-Syibli adalah Dalap bin JAhdar, orang Baghdad. Beliau hidup di masa Syekh Jumaid dan masa mazhab Maliki. Beliau meninggal pada tahun 334 H. dalam usia 87 tahun di Baghdad.
Abu Bakar Asy-Syibli mengatakan bahwa sebagian ulama yang utama telah memberikan ijazah kepadanya agar ia membaca do'a di bawah ini dalam bentuk syair dari Bahar Wafir sebanyak 7 kali setalah shalat jum'at.

"Ya Tuhanku aku bukan ahli syurga, tapi aku tak kuat masuk neraka"
"Terimalah tobat ampun dosaku, karena Engkau pengampun dosa hamba-MU"
"Dosaku bagaikan samudra pasir, ampunilah dosa yang nampak dan yang sir"

Hikayat
Pada suatu hari Abu BAkar Asy-Syibli datang kepada Ibnu Mujahid. Ibnu Nujhid lalu merangkul dan mencium keningnya, lalu Ibnu mujahid berkata "Saya telah bermimpi melihat Nabi menciummu (Abu Bakar Asy-Syibli) lalu aku bertanya kepada Nabi mengapa Nabi berbuat demikian terhadap Asy-Syibli? Nabi menjawab " karena ia tidak mengerjakan shalat fardhu melainkan dengan membaca 2 ayat dari surat At-Taubah."
(yang dimaksud tidak mengerjakan shalat disini ialah Asy-Syibli selalu membaca surat At-Taubah ayat 138-139 sesudah shalat fardhu, beliau tidak pernah tidak membaca itu setelah shalat. Jika beliau meninggalkannya maka beliau menganggap belum shalat) kemudian membaca shalawat "Shallallaahu 'alaika ya Muhammad"

Makalah kedua puluh sembilan

Abu Bakar Asy-Syibli berkata " Apabila engkau ingin merasa tenang dengan pertolongan Allah maka putuskanlah akan kecintaan nafsumu."

Abu Bakar Asy-Syibli telah ditanya sesudah matinya didalam mimpi ia berkata "Allah telah bertanya kepadanya 'Hai Abu Bakar tahikah engkau kenapa Aku mengampunimu?
aku berkata 'karena amal shalehku' Allah berfirman 'bukan' aku berkata 'karena keikhlasan ibadahku' Allah berfirman 'bukan' aku berkata 'karena ibadah hajiku, puasaku dan shalatku' Allah berfiman 'bukan' aku berkata 'karena hijrahku kepada orang-orang shaleh dengan menuntut ilmu' Allah berfirman 'bukan' aku berkata 'ya Tuhanku karena apa?' Allah berfirman 'ingatkah ketika engkau berjalan di jalan Baghdad, lalu engkau menemukan anak kucing yang hampir mati karena kedinginan kemudian engkau mengambilnya karena kasihan dan meletakkannya di atas tungku demi menjaganya dari kematian?' aku berkata 'oh ya' lalu Allah berfirman 'karena kasih sayangmu kepada kucing itulah Aku menyayangimu."

Makalah ketiga puluh

Abu Bakar Asy-Syibli berkata "Apabila engkau telah merasakan nikmatnya dekat dengan Allah niscaya engkau mengetahui bagaimana pahitnya jauh dari Allah"

Keterangan
Bagi ahli ibadah jauh dari Allah merupakan siksaan yang berat. Oleh karena itu Nabi suka berdo'a dengan do'a dibawah ini.

"Ya Allah berilah aku rezeki dengan kenikmatan memandang wajah-Mu yang Mulia dan nikmatnya rindu bertemu dengan-Mu."


bab III nya sabar ya....!!!

9 komentar:

Quinie mengatakan...

pertamaxxx...
awas kalo lu bilang gua sombong kaga pernah mmapir :p

chikal mengatakan...

tetep aja sombong lom traktir gw makn huhffff :)

Quinie mengatakan...

pak, gua baru nyadar...
itu ada liriknya Andai Kutahu-Ungu ya?

Quinie mengatakan...

harusnya yang baru dapet rejeki deh yang harusnya nraktirrr :p

bunga raya mengatakan...

selamat pagi sahabat setelah sekian lama aku off ngeblog kini ku datang kembali...salam hangat

genial mengatakan...

ketok ahh pantad nya... wkwkwkwkkwk... listrik mahal euuuuuuuuuyyyy...

bunga raya mengatakan...

salam hangat dari sahabat blogger nih apa kabar

genial mengatakan...

iseng follow kang ahh :)

chikal mengatakan...

@genial hahahahahhaaaaa monggooo
@bunga raya salam panas dingin deehh heheheheheee