lanjut lagi yoo...

Diposting oleh chikal on Rabu, 01 Juli 2009

Makalah kelima belas

Abu Bakar Shiddiq ra. menjelaskan firman Allah tentang kerusakan di daratan dan lautan. Beliau berkata "Daratan adalah lisan sedangkan lautan adalah hati, apabila lisan itu rusak maka menangislah manusia dan apabila hati itu rusak menangislah malaikat."


keterangan: Rusaknya lisan adalah karena memarahi orang lain, mencaci, mencela, mengumpat dan sebagainya yang bisa menyakiti orang lain sehingga orang itu menangis. Sedangkan rusaknya hati karena ujub, riya, takabur, kikir dan sebagainya. Apabila hati manusia dihinggapi penyakit tersebut maka malaikat menangis karena menyesalkannya.

Makalah keenam belas

Dikatakan "Nafsu itu bisa mengakibatkan raja-raja menjadi budak, sedangkan sabar menjadikan seorang budak jadi raja. Tidakkah anda tahu cerita Nabi Yusuf As. dan Siti Julaikha?

Makalah ketujuh belas

Bahagialah bagi orang yang keadaan akalnya jadi raja sedangkan nafsunya menjadi tawanan. Dan celakalah bagi orang yang nafsunya menjadi raja sedangkan akalnya menjadi tawanan.

Makalah kedelapan belas

Dikatakan "Barang siapa yang meninggalkan dosa maka hatinya lembut, dan barang siapa meninggalkan perkara haram serta memakan yang halal maka cemerlang pikirannya.

Makalah kesembilan belas

Telah diwahyukan kepada semua Nabi "Taatlah kau kepada-Ku dan pada apa yang Aku perintahkan padamu, jangan dyrhaka pada-Ku dan pada apa yang telah Aku perintahkan padamu."

Makalah kedua puluh

Menyempurnakan akal adalah dengan mengikuti keridhaanNya dan menjauhi kebencianNya.

Makalah kedua puluh satu

Dikatakan "Tidak ada keterasingan bagi orang yang berilmu dan beramal, dan tidak ada tanah air bagi orang bodoh."

Makalah kedua puluh dua

Dikatakan "Barang siapa yang dengan taatnya merasa dekat pada Allah maka dia jauh dari manusia."

keterangan : barangsiapa yang telah merasakan dirinya dekat pada Allah maka ia tidak akan merasa takut dengan manusia.

Makalah kedua puluh tiga

Dikatakan "Adanya gerakan ketaatan menunjukkan adanya gerakan makrifat, sebagaimana gerakan badan menunjukkan adanya hidup."

Makalah kedua puluh empat

Nabi SAW.telah bersabda " Sumber semua kesalahan adalah cinta dunia, sedangkan sumber semua fitnah adalah tidak mau membayar 1/10 harta(zakat makanan) dan tidak mau membayar zakat pada umumnya."

keterangan : Al'usyru (zakat makanan) adalah zakat tertentu yaitu zakat makanan yang mengenyangkan. sedangkan Azzakaatu menunjukkan pada zakat emas, perak, binatang ternak, maal, dan badan (zakat fitrah).

Makalah kedua puluh lima

Dikatakan "Orang yang mengakui akan kelemahan dirinya untuk taat selama-lamanya adalah terpuji, sedangkan mengakui kelemahan dalam taat adalah tanda diterimanya amal.

Makalah kedua puluh enam

Dikatakan "Kufur nikmat adalah tercela dan menemani orang zalim adalah sial (tidak akan diberi berkah)

Nabi telah bersabda "putuskanlah persahabatan dengan orang zalim" maksudnya jangan temani orang zalim.

Nabi telah bersabda "Ada dua perkara barangsiapa memiliki keduanya maka Allah mencatatnya sebagai orang yang bersyukur dan penyabar dan barang siapa tidak memiliki keduanya maka Allah tidak akan mencatatnya sebagai orang yang bersyukur dan penyabar.
Orang yang dalam urusan agamanya melihat kepada orang ang lebih tinggi darinya lalu dia mengikutinya sedangkan dalam urusan dunianya dia melihat kepada yang lebih rendah darinya lalu dia bersyukur kepada Allah karena Allah telah melebihkan dia. Orang inilah yang berhak dicatat sebagai orang yang bersyukur dan penyabar.
Sedangkan orang yang dalam urusan agamanya melihat pada orang yang lebih rendah darinya dan pada urusan dunianya dia melihat pada orang yang lebih tinggi lalu ia menyesali apa yang tidak ia dapat capai maka Allah tidak mencatatnya sebagai orang yang bersyukur dan penyabar.

Makalah kedua puluh tujuh

Dalam sebuaj syair bahar kamil mengungkapkan
Wahai orang yang sibuk drngan dunia, sungguh ia telah tertipu dengan banyaknya lamunan
Atau ia tidak pernah berhenti dalam kelalaian, sehingga ajal yang ditentukan mendekatinya
Mati itu datang tanpa pemberitahuan, sedangkan kubur peti amalan
Bersabarlah menghadapi kesusahan, tiada mati tanpa ajal yang menentukan

Nabi SAW telah bersabda "Meninggalkan keduniaan itu lebih pahit daripada sabar dan lebih berat daripada dipukul pedang dijalan Allah, tidaklah seseorang meninggalkannya kecuali Allah memberikan kepadanya seperti apa yang Allah berikan pada orang-orang yang mati syahid. Meninggalkan keduniaan itu ialah mengurangi makan dan rasa kenyang serta tidak suka dipuji oleh orang lain. Karenanya barangsiapa mencintai kenikmatan surgawi hendaklah ia meninggalkan dunia dan kenikmatannya serta pujian dari manusia."


lanjutan berikut lebih seru niiihhh... tunggu yaa

20 komentar:

chrysanti mengatakan...

Alhamdulillah.. diinget lagi lewat makalah2nya.. makasii yaa

Aishalife-line mengatakan...

Nice post.Kalau saya lihat,pujian untuk seseorang tergantung pada amalnya dan ibadahnya di dunia pula.Banyak orang yang sudah mati masih tetap dapat pujian maupun sanjungan.Contohnya para Nabi, wali,Pahlawan dll.

itempoeti mengatakan...

Dikatakan "Tidak ada keterasingan bagi orang yang berilmu dan beramal, dan tidak ada tanah air bagi orang bodoh."
----------------------

jika tidak ada tanah air bagi orang bodoh..., kenapa keadaan Indonesia seperti ini yaaa???

genial mengatakan...

assalaamu'alaikuum warohmatullohi ta'aala wabarokatuh...

saiia mampir ngademin ati nii...

wassalaamu'alaikuum warohmatullohi ta'aala wabarokatuh...

genial mengatakan...

...sekalian nyenggol ding :p

chikal mengatakan...

@chrysanti makasih bu....
@Aishalife-wife maksud pujian disini adalah kita yang dipuji jgn sampe merasa bangga dg pujian itu
@itempoeti ga semua rakyat indonesia bodoh kan??
@genial makasih ya om!!!

Susy Ella mengatakan...

subhanallah....posting yg bermanfaat..

salam kenal juga yaa..
maksih dah mampir di blog ella ^_^

ella add linknya dan follow yaa

Susy Ella mengatakan...

ella add FB-ny juga hehhehe......

suryaden mengatakan...

aku suka akalah ke enam belas... wakaka...

chikal mengatakan...

@sussy ella monggo dengan senang hatiii...
@suryaden ciyeee om mo sama ma Nabi Yusuf ya?? :p

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

udah ke 15? set dah...

anindyarahadi mengatakan...

sudah buanyak yah teman...

♥ Neng Aia ♥ mengatakan...

selalu menemukan pencerahan disini.

apa kabar :)

chikal mengatakan...

@sang cerpenis mang knp bu???
@anindyarahadi banyak apanya??
@neng aia baik bu alhamdulillah u ndiri?

Quinie mengatakan...

owww.. pantesan lu bilang kaga mampir2...
perasaan gua, gua udah baca n komen postingan ini deh, tapi ternyata ga ada ya?

btw, sampe berapa makalah nih pak? ada ebooknya ga?

chikal mengatakan...

@quinie makanya baca dong dari awal,, kan dah dikasih tau di setiap awal bab.

chikal mengatakan...

@quinie makanya baca dong dari awal,, kan dah dikasih tau di setiap awal bab.

phiy mengatakan...

astagfirullah, kadang setiap bulan aku suka marah2 dan mengumpat. penyakit bulanan perempuan. duh!

ely mengatakan...

menyentuh postingannya ....

btw, thanks awardsnya ya

chikal mengatakan...

@phiy heheheheheee.. di datengin bulan ya?
@ely sama2